Logo Harta Rohani MinistryBerikut ini adalah pernyataan iman kami sehubungan dengan pokok-pokok ajaran Kristen yang esensial.

Alkitab

  1. Kami percaya bahwa Alkitab, yang terdiri dari 39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru, adalah firman Allah yang sempurna, yang diilhamkan oleh Allah kepada para penulisnya, dan sepenuhnya benar tanpa salah dalam naskah aslinya.
  2. Kami percaya bahwa firman Allah yang telah dinyatakan dan dituliskan di dalam Alkitab adalah lengkap, sempurna, dan sepenuhnya benar tanpa salah dalam segala sesuatu yang diajarkannya.
  3. Kami percaya bahwa Alkitab merupakan dasar dan standar kebenaran sejati yang memiliki otoritas tertinggi untuk menilai dan menguji setiap pengajaran, apakah pengajaran itu benar atau salah.
  4. Kami percaya bahwa segala tulisan yang diilhamkan Allah di dalam Alkitab bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Allah

  1. Kami percaya kepada Allah yang hidup, yang ada dari kekal sampai kekal, dan yang sempurna dalam segala keberadaan-Nya, sifat-sifat-Nya, ketetapan-ketetapan-Nya, dan karya-karya-Nya.
  2. Kami percaya kepada Allah yang tak terbatas, mahakuasa, mahatahu, mahahadir, mahamulia, jauh melampaui segala ciptaan, baik yang kelihatan maupun yang tak kelihatan.
  3. Kami percaya kepada Allah yang berdaulat, yang menciptakan segala sesuatu menurut kehendak-Nya, yang memiliki otoritas dan memegang kendali atas seluruh ciptaan, dan yang mengarahkan semuanya itu bagi kemuliaan-Nya. Tak ada suatu apapun yang terjadi di luar penetapan-Nya dan tak ada satupun rencana-Nya yang gagal.
  4. Kami percaya kepada Allah yang berpribadi, yang kudus dan tak bercela, adil dan benar, penuh kasih dan rahmat, panjang sabar dan berlimpah kasih karunia, berhikmat dan setia.
  5. Kami percaya kepada Allah Tritunggal, Allah yang esa, yang secara kekal menyatakan diri-Nya dalam tiga pribadi, yaitu Bapa, Anak, dan Roh Kudus.

Yesus Kristus

  1. Kami percaya kepada Yesus Kristus, pribadi kedua dari Allah Tritunggal, yang sehakikat dan setara, baik dengan Bapa maupun dengan Roh Kudus, dan yang memiliki dua sifat (nature) dalam satu pribadi, yaitu sifat keallahan (divine nature) dan sifat kemanusiaan (human nature) yang tak terpisah dan tak tercampur. Dialah Allah sejati dan manusia sejati.
  2. Kami percaya kepada Yesus Kristus, Anak Allah yang telah berinkarnasi menjadi manusia, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh anak dara Maria, dan menjalani hidup tanpa dosa dalam ketaatan penuh kepada Bapa-Nya.
  3. Kami percaya kepada Yesus Kristus, Tuhan yang berdaulat dan satu-satunya juruselamat umat manusia, yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati, dikuburkan, dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga untuk menebus dan menyelamatkan semua orang yang percaya kepada-Nya dari murka Allah, kuasa dosa, dan maut.
  4. Kami percaya kepada Yesus Kristus, , yang telah naik ke sorga untuk menyediakan tempat bagi semua orang yang percaya kepada-Nya, yang sekarang duduk di sebelah kanan Allah menjadi pengantara dan Imam Besar bagi umat-Nya, dan yang akan datang kembali untuk menghakimi semua orang yang hidup dan yang mati.

Roh Kudus

  1. Kami percaya kepada Roh Kudus, pribadi ketiga dari Allah Tritunggal, yang sehakikat dan setara, baik dengan Bapa maupun dengan Anak.
  2. Kami percaya kepada Roh Kudus, Roh Kebenaran, yang mengilhami para nabi dan rasul dalam penulisan Alkitab, dan yang menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman.
  3. Kami percaya kepada Roh Kudus, Sang Penolong dan Penghibur, yang diutus, baik oleh Bapa maupun oleh Anak, untuk menerapkan karya keselamatan yang telah direncanakan oleh Bapa dan telah dikerjakan oleh Yesus Kristus dalam hati kaum pilihan-Nya. Dialah yang melahirbarukan kaum pilihan Allah, menuntun mereka ke dalam iman dan pertobatan sejati, memimpin mereka bertumbuh dewasa dalam proses pengudusan, dan menyertai serta memelihara mereka selama-lamanya sampai mereka memperoleh kegenapan keselamatan yang dijanjikan itu.

Manusia dan Kejatuhannya Dalam Dosa

  1. Kami percaya bahwa pada mulanya manusia diciptakan oleh Allah secara unik, berbeda dengan makhluk ciptaan lainnya, menurut gambar dan rupa-Nya dalam kebenaran, kekudusan, dan kemuliaan. Manusia diciptakan sebagai makhluk hidup yang berakal budi, bermoral, dan immortal.
  2. Kami percaya bahwa Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah dari debu tanah, bahwa Hawa dibentuk dari rusuk Adam, dan bahwa semua manusia lainnya, kecuali Yesus Kristus, adalah keturunan Adam. Karena itu, sebagaimana Adam sebagai kepala dan wakil semua manusia telah jatuh dan berada di bawah kuasa dosa, demikian pula semua manusia lainnya telah jatuh dan berada di bawah kuasa dosa.
  3. Kami percaya bahwa setelah kejatuhan dalam dosa, semua manusia mengalami kematian rohani. Mereka semua mengalami kerusakan total, di mana seluruh keberadaan dirinya telah tercemar oleh dosa. Tak ada satupun yang baik dalam diri mereka yang dapat menyelamatkan mereka dari murka Allah, kuasa dosa, dan maut.

Keselamatan

  1. Kami percaya bahwa keselamatan dari murka Allah, kuasa dosa, dan maut bukanlah hasil usaha atau perbuatan baik manusia, melainkan hasil karya Allah Tritunggal yang berdaulat dan penuh kasih karunia. Bapa merencanakannya sejak dari kekekalan, Anak mengenapinya melalui kematian dan kebangkitan-Nya, dan Roh Kudus menerapkannya secara efektif dalam hati kaum pilihan Allah.
  2. Kami percaya bahwa dalam rencana kekal keselamatan, Allah, berdasarkan kedaulatan kehendak-Nya, telah memutuskan untuk memilih sebagian orang dan menolak yang lain. Dengan demikian semakin nyata bahwa keselamatan manusia sama sekali tidak tergantung pada kehendak atau usaha manusia itu sendiri, melainkan pada kemurahan hati Allah semata.
  3. Kami percaya bahwa penebusan Kristus memiliki nilai dan kuasa yang tak terbatas. Walaupun demikian, penebusan Kristus itu memiliki jangkauan yang terbatas, yaitu hanya bagi kaum pilihan Allah saja. Dengan kata lain, kematian Kristus cukup untuk menebus semua orang, tetapi hanya efektif bagi sebagian orang saja, yaitu bagi kaum pilihan Allah.
  4. Kami percaya bahwa penerapan keselamatan yang dikerjakan oleh Roh Kudus dalam hati kaum pilihan Allah bersifat efektif, tak dapat ditolak, dan tak mungkin gagal. Mereka yang telah dipilih oleh Allah sejak dari kekekalan dan yang telah ditebus oleh Kristus dalam kematian-Nya di atas kayu salib pasti akan mengalami kelahiran kembali, pasti akan bertobat dan percaya kepada Kristus, pasti akan dibenarkan dan dikuduskan, dan pasti akan diselamatkan.
  5. Kami percaya bahwa setiap orang percaya sejati, yang telah mengalami kelahiran kembali, tidak akan dapat terus-menerus tinggal bertekun dalam dosa. Sebaliknya, secara progresif mereka akan terus bertumbuh dalam kebenaran dan kekudusan sampai mereka mengalami kegenapan keselamatan mereka pada kedatangan Kristus yang kedua kali.

Gereja

  1. Kami percaya akan satu gereja universal yang tak kelihatan, yaitu persekutuan semua umat pilihan Allah dari segala zaman dan dari segala suku bangsa, yang dipersatukan oleh Roh Kudus menjadi satu tubuh dengan Kristus sebagai kepalanya. Adapun tujuan utama gereja adalah memuliakan Allah dalam penyembahan kepada-Nyaa selama-lamanya.
  2. Kami percaya bahwa Allah menghendaki gereja yang universal itu dinyatakan melalui keberadaan gereja-gereja lokal yang terlihat, yaitu persekutuan orang-orang percaya pada suatu waktu tertentu dan di suatu daerah tertentu. Karena itu, gereja lokal haruslah mengungkapkan sifat-sifat gereja yang universal itu dengan menjalin persatuan di antara gereja-gereja lokal yang ada berdasarkan kebenaran firman Allah dalam kasih Kristus dan dengan menjaga kemurnian berita Injil melalui pengajaran firman Allah yang bertanggung jawab. Sebagaimana gereja universal ada untuk memuliakan Allah, demikian pula gereja-gereja local ada untuk memuliakan Allah melalui penyelenggaraan pertemuan-pertemuan ibadah, pengajaran firman Allah, pelaksanaan baptisan dan perjamuan Tuhan, persekutuan orang-orang percaya yang saling melayani dan saling membangun satu sama lain, pelaksanaan disiplin gerejani dalam kebenaran dan kasih, dan pemberitaan Injil ke seluruh dunia.
  3. Kami percaya akan keimamatan universal orang-orang percaya, di mana semua orang percaya adalah imam-imam Allah yang memiliki hak dan tanggung jawab yang sama untuk melayani Allah dan memberitakan Injil ke segala suku bangsa bagi kemuliaan Allah.

Akhir Zaman

  1. Kami Percaya bahwa pada akhir zaman Tuhan Yesus Kristus akan datang kembali secara fisikal dan kelihatan dalam kuasa dan kemuliaan, bahwa Ia akan membangkitkan semua orang mati, bahwa Ia akan mengangkat dan mengumpulkan seluruh umat pilihan Allah bersama-Nya, dan bahwa Ia akan menghakimi semua orang berdasarkan kebenaran dan keadilan-Nya yang sempurna.
  2. Kami percaya bahwa semua orang yang percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat akan menerima hidup kekal di dalam sorga, tetapi semua orang yang tidak percaya dan tidak menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat akan menerima hukuman kekal di dalam neraka.